kokeshi doll

 kokeshii ningyou

Backsound : until the day I die – luna sea, nagareboshi – home made kazoku
Mood : lil bit depressed

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

Scene 1
Percakapan singkat setelah UTS statistika sosial
Icha : “duuh.. heidy.. (menghampiri dengan muka melas) gw ga slesai ngerjain nomor tiga nih… gw telat tau caranya. Taunya pas udah mo abis waktunya..”
Gw : “beuh, sama banget cha. Gw juga kaya lo.”
Icha : “kok kita sering samaan ya… sering mikir sama, ngerasa sama, ngalamin kejadian yang sama.”
Gw : “hahaha… kita kan sahabat sejati geto loch (mulai sok gaul).”
Icha : “kayanya emang gitu ya (ketawa).”
Icha : “gw stress banget nih dy (dengan tampang mo nangis). Gimana nasib nilai gw ya?”
Gw : “sama. gw juga stress banget cha. Moga-moga IP kita ga kepleset ya.”
Icha : “lo stress juga dy?”
Gw : “iya lah.”
Icha : “kok lo kliatan tenang banget? Muka lo ga ada panik2nya.”
Gw : “ahahaha…”

Scene 2
Masa persiapan sbelum maju presentasi dalam mata kuliah sosiologi pendidikan

Ai : “anjrit mba hei, gw nervous abis. Deg2an mampus nih.”
anonim (gw lupa sapa yang ngomong) : “mampus. Kita bakal dibantai deh ntar..”
(keterangan : kuliah sosiologi pendidikan diikuti mahasiswa S1 angkatan 2004-2006, mahasiswa S2,dan mahasiswa S3)
Gw : “sip. Beneran dibantai semampus2nya. Wadoh, grogi berat nih.”
Ai : “alah mba hei, lo grogi tapi muka lo tenang banget.”
Gw : “nge?”

Scene 3
Waktu jeda kuliah sbelum masuk kelas sosiologi organisasi.

Lulu : “anjrit! Tadi ada gempa tau pas lagi DKK. Gw takut banget…”
Anak – anak yang laen : “eh serius lu?”
Lulu : “iyaa! Si heidy brengsek nih (nunjuk gw dengan napsu). Masa pas tadi gw lagi panik2nya dia bilang dengan entengnya : ’Lu, seneng banget sih lo ada gempa.”

(smua orang tertawa)

Ai : “kalo mba hei ga heran lah. Dia dari lahirnya emang udah kaya gitu.” (ktawa)
Gw : “ha?”
Ai : “mba hei sih beda. Dia kalo ada gempa paling bilang, ‘oh, gempa ya? Yaudah.’ (dia ngomong sambil masang muka –yang katanya- muka khas gw)

Lama – lama gw jadi bertanya – tanya sendiri. Ada apa dengan muka gw?

Sepupu gw juga pernah bilang kalo diliat dari sisi orang – orang yang cuma skilas ngliat ato baru kenal ma gw, pasti berpendapat kalo gw adalah orang yang cool (assaahh!) dan tau pasti apa yang harus dilakuin. Temen – temen OBM gw pas awal – awal kuliah dulu juga banyak yang bilang kalo awalnya mereka berpendapat gw cool (ehehehe), sombong, jutek, dingin, dll. Stelah beberapa hari kenal, baru mereka berpendapat kalo gw orang yang enak diajak ngobrol, ramah, dll.

Gw udah sering latian ekspresi di depan kaca tiap bangun tidur n mau mandi. Slama liat kaca sih kayanya muka gw baik – baik aja. Ternyata waktu lagi berinteraksi ma orang muka gw kebanyakan ‘lempeng’nya ato cenderung ‘dingin’. Kalo difoto pun juga kaya gitu. Gw berasa udah senyum lebar tapi ternyata hasil foto menunjukkan gw cuma senyum kecil (ato bisa dibilang senyum ga niat).

Gw berusaha nyari tau apa penyebab muka gw kaya gini. Kayanya pas masih kecil gw termasuk ekspresif. Ngliat foto masa SD pas abis latian roller blade di UI kayanya muka gw sumringah banget. Pas gede knapa kaya kokeshi doll?

Kesimpulan sementara yang gw ambil sampai saat ini adalah, gw -secara ga sengaja dan ga direncanakan- udah terbiasa ngontrol emosi. Dalam keadaan sadar maupun ga sadar. Lebih tepatnya, gw udah terbiasa ngontrol luapan emosi. Kalo mo jujur, gw ini temperamental, amat sangat gampang terharu, dan gampang geli / ngerasa lucu sendiri pas dengerin orang ngomong ato ngamatin orang – orang di sekeliling.

‘Gw sisi dalam’ termasuk orang yang emosional dan punya banyak banget masa – masa ‘ups and downs’. Tapi ‘gw sisi luar’ ga mendeskripsikan smua itu. yang terjadi malah kebalikannya. Mungkin karena ini lah makanya orang – orang banyak yang nganggap gw sabar, dingin, ga sensitif, cuek, tenang, dan sbagainya.

Pernah skali gw –ga tau gimana caranya- lumayan bisa nunjukkin keadaan hati gw waktu itu. pas kuliah bahasa inggris smester dua kmaren, orang – orang pada nanya: ‘hei, lo kenapa sih? Tampang lo serem banget. Lo marah ma siapa?’

Gw ga liat kaca sih waktu itu, jadi ga tau tampang gw sebengis apa -__- lagian orang – orang pada heboh bener. utha malah bilang berkali – kali : ‘gara2 gw ya? Sori banget ya kalo gw punya salah.’

Dalem hati gw ngomel : “bukan elo nyoooong!”

(jadi marah beneran XD)

Beberapa jam stelah itu, kayanya keadaan muka gw membaik (meskipun hati gw ga) karena orang – orang pada nanya : “udah ga bête lagi?”
Gw sama skali ga bermaksud dan ga berusaha untuk jadi orang yang sok cool, sok tegar, sok tenang, dan sok yang laennya. Tapi ternyata outputnya gitu. Gw sbenernya pengen jadi orang yang bisa mengekspresikan apa yang gw rasain n ngebagiinnya ke smua orang.
(meskipun orang – orang kayanya males juga dapet bagian dari pengekspresian perasaan gw XD)

Akibat dari punya muka kaya gini, orang – orang ga bakal tau apa yg gw rasain sampe gw menuangkan n menjabarkannya dalam bentuk tulisan. Abis kadang – kadang kalo gw ngomong pun suka dibilang : ‘ah masa sih?’

Tapi bukan brarti ga ada sisi positifnya juga sih dari muka kaya gini. Kalo gw lagi marah, ga bakalan bikin keadaan tambah rumit. Kalo gw lagi sedih n ga pengen ditanya2, ga akan ada orang2 yang sok care. Kalo gw lagi sebel ma orang, orang itu ga bakal tau kalo gw sebel ma dia sampe gw ngomong langsung. Sisi jeleknya sih orang itu jadi ga nyadar, tapi sisi baiknya gw bisa menunda konflik yang punya kemungkinan bisa ngerendahin diri gw sendiri.

Yah, keinginan gw sih supaya orang – orang bisa ngerti kalo gw ga secuek, sedingin, ato setenang yang mereka kira. Karena muka kaya gini juga berpotensi bikin orang jadi jaga jarak sama gw.

Pokoknya saat ini gw sedang terus berusaha untuk jadi lebih ekspresif lagi. Tapi tetep ada ketakutan – ketakutan tertentu sih. Misalnya, karena aslinya gw temperamental, mungkin bakal ada orang yang tersinggung ato tambah ngeri ma gw :mrgreen:

8 thoughts on “kokeshi doll

  1. walaahh..benrer juga sih, gw baru sadar tanggapan adinda kalo gw lagi ngomong ( dan dalam keadaan berhadap2an ) ekspresi emang tidak terlalu terlihat, jadi mungkin kalo adinda ada niad jadi artis pelm dan sinetron sepertinya urungkan dulu…~_~
    bisa ngeliad adinda sangat ekspresip mungkin cuma di YM ajah, tp prasaan gw doank sih scara ( chah…bahasanya…-_-a ) kita emang pada dasarnya jarang ketemu….

    ngomong2 gini pdhal gw juga kurang ekspresip paling -_-a
    oiya adinda, gw juga sebenernya sangat pendiem, pemalu, dan introvert abis lho…
    *lirik2 kanan-kiri, sapa taw ada yang mo nimpuk*

  2. beruntunglah kau ubur2ku… Kesan yang ditangkep orang2 kan kamu itu keren, dan tau banyak hal karena seperti kata pepatah “tong penuh pelan bunyinya”…OHOHOHOHOHOHOHOHOO..*tawanya kebanyakan*

    dari pada aku… terlalu ga tau diri, apalagi kalo lagi suntuk. Kemaren aja orang2 dideketku kusemprot2 gara bcandaannya ga ‘cerdas’.. RENDAHAAAAN!!!! *jadi ngamuk2 lagi*.

  3. Karena muka kaya gini juga berpotensi bikin orang jadi jaga jarak sama gw.

    *manggut2 sembari nyengir kuda*

    ngaaah..sumtimes begitulah… :mrgreen:

    oiya adinda, gw juga sebenernya sangat pendiem, pemalu, dan introvert abis lho…

    wuseed..ga di sini, ga di forum,
    ngomong jorok ajah!

  4. hmm..
    jeritan hati seorang mba hei.. “baru tau gw panggilan lu trnyata. mba hei”
    ntar panggil “mba.. hei”.. kekna funky deh..”ngeyel”

    lu emang lebih ekspresif klo di YM.. ahahahaha..

    tenang aja mba hei..
    tiap orang mempunyai wajah “berbeda”..

    anggap aja keuntungan laen yang bisa diambil adalah..
    klo lu liat orang yang mengalami kecelakaan naas.. muka lu ga bakal panik..
    dan orang itu mengira dia tak mengalami luka parah..
    niscaya, pahala andapun bertambah dengan sangat ,.. ehehehee…

  5. @kakanda

    kakanda.. kpalanya abis kejedot miniarta ya? kok ngomongnya ngalor ngidul? :mrgreen:

    @cumi
    sabar cumi.. kadang² muka flat kaya aku lebih bahaya lagi T_T

    @afiy
    onegai.. jangan jaga jarak ma gw.. T_T

    @gino
    yah, emang ga panik sih kalo liat kecelakaan naas.. paling langsung pingsan di tempat :mrgreen:

    btw, yg manggil gw mba hei cuma satu orang kok hehe

Leave a Reply

