♫~music = merasakan~♪

Backsound : all blood stain child’s songs on my lappie
Mood : naik… naik… ke puncak gunung, turun… turun.. ke jurang..
Attitude : graoo~

 

Jadi pengen ngomongin ini gara – gara celetukan temen yang kemaren sibuk ngubek – ngubek laptop gw, ngliat folder lagu + nyoba denger beberapa diantaranya. Beliau bilang gini sambil geleng – geleng :

 

“dy, beneran deh. Selera musik lo aneh banget. Ajaib. Dari yang sampah sampe yang keren banget ada di sini. Dari yang menye-menye ga karuan sampe yang keras banget.”

 

Gw cuma berkata, “ha?”

 

Dan temen gw itu meneruskan penjelasannya :

“orang tuh biasanya selera musiknya bisa dibaca. Dia suka musik kaya apa. Ada benang merah lah antara satu lagu sama lagu yang laen. Lah, elo… aneh.”

 

Gw tertawa dan menjawab, “suka – suka gw donk.”

 

Sedikit pengen mendeskripsikan… di dalem laptop gw, folder lagu terbagi tiga :

Nippon no uta

Western and Indo

Kankoku to Chuugoku no uta

 

Di dalem tiga folder itu, ada banyak lagu.

(ya iyalaaah… nih kalimat ga penting bener XD)

 

Ada banyak jenis lagu sih. Dan semuanya itu lagu yang gw suka. Kalo ga suka sama satu lagu, ya gw bakal apus tuh lagu dari playlist.

Biasanya gw mutusin untuk suka atau ga suka sama suatu lagu itu butuh waktu sekitar sebulan. Ada lagu yang ga bisa langsung suka pas pertama kali didengerin tapi makin sering didenger makin enak, ada juga lagu yang easy listening banget sampe baru 5 kali denger rasanya udah eneg.

 

Gw nyimpen banyak jenis lagu dalem folder western and indo, mulai yang ‘menye-menye’ (kata temen gw) macem the moffatts, code red, busted, aaron carter, dan laen – laen sampe yang ‘canggih’ (katanya lagi) kayak dream theater, mew, weezer.

Di folder atasnya, alias folder Kankoku to Chuugoku no uta, gw nyimpen lagu – lagunya Jay Chou sampe soundtrack full house. Kalo di folder Nippon no uta, gw nyimpen lagu mulai dari yang macem arashi sampe Galneryus.

 

Ga masalah bagi gw buat dengerin lagu Jay Chou sementara banyak orang bilang ‘dih, dengerin lagu abang – abang glodok!”.

Gw emang suka Jay Chou karena dia pinter bikin lagu. Dia termasuk yang sukses ngegabungin antara bunyi-bunyian alat musik tradisional khas oriental, unsur RnB, dan unsur klasik. Mau dibilang lagu banci yang bahasanya aneh, gw ga peduli.

Menurut gw, dia pinter dalem bermusik.

 

Gw juga nyantai – nyantai aja dengerin arashi. Emang sih pertamanya gw ga suka. Tapi setelah nonton acara – acara TV mereka yang notabenenya sering mengandung keimbisilan tingkat tinggi, dan kepribadian mereka yang unik, gw tertarik buat dengerin lagu – lagunya.

Terserah mo dibilang pecinta homo (eh, emang bener sih :mrgreen: ), tapi menurut gw, lirik lagu arashi banyak yang bernuansa positif. Lirik mereka banyak bercerita tentang kehidupan yang harus dijalanin sebaik mungkin.

Sisi ini yang bikin gw suka dengerin lagu mereka. Terlepas dari kostum konser mereka yang suka bikin gw mengurut dada dan vokal mereka yang sering goyang pada semua nada, lirik lagu – lagu mereka membawa pengaruh buat keseharian gw.

 

Ada juga yang ngira gw cuma demen lagu keras. Asal nge-growl, maen gitar+drum-nya heboh & rusuh, gw bakal langsung suka.

Ga gitu juga lah. Musik rock, kalo ga ada seninya, ujung-ujungnya cuma bikin gw berhasrat buat bunuh yang nyanyi.

Pada dasarnya ada 2 hal yang bisa bikin gw suka sama satu lagu rock atau sejenisnya : permainan gitar yang bagus n ada unsur klasiknya. Gw sering kagum kalo ada pemusik yang bisa gedumbrangan tapi bisa nyelipin bunyi piano n biola. Itu namanya mantap :mrgreen: klasik slalu ngebawa perasaan yang enak.

 

Gw ga pernah membatasi diri dalam mendengarkan musik. Pikiran yang membatasi diri kita. contohnya aja pikiran-pikiran kayak gini :

 

“dengerin boyband = banci”

“dengerin peterpan = kampungan.”

daaan masih banyak pikiran yang lainnya ^__^

Kalo mereka emang bisa bikin musik yang bagus, kenapa kita ga coba buat buka kuping? seandainya emang ga suka, ga perlu lah menunjukkan sikap sok anti.

Musik dan rasa jelas punya hubungan erat. Kita milih musik dengan merasakan, bukan berpikir & berprasangka ^__^

maka dari itu, gw kagum sama bapak yang satu ini ,, dia dengerin banyak jenis musik.

 

 

salam hobaaa~! XD

6 thoughts on “♫~music = merasakan~♪

  1. mo bilang kek apa juga..

    gw tetap ga suka dangdut…
    mo modern mo klasik…. mo apa juga..
    tuh musik paling ga masuk..

    si planet_X masuk blog nt ya :))
    sip dah…. bapak’e satu itu emang yahud..

    mari bermusik..

    oh ya satu lagi..
    ntah kenapa klo liat pemusik nyolot gw jadi malas..
    ahahaha…
    mungkin pemikiran gw.
    “hargai dulu orang laen.. barulah kau akan dihargai oleh orang laen juga :D”

  2. “seandainya emang ga suka, ga perlu lah menunjukkan sikap sok anti”

    tipop suruh baca tu jiy.. Xb

    “Musik dan rasa jelas punya hubungan erat. Kita milih musik dengan merasakan, bukan berpikir & berprasangka”

    yup, stuju..

  3. @dika
    gapapa kalo ga suka, gw juga udah berusaha memahami dangdut tapi tetep ga masuk :mrgreen: mungkin karena faktor lirik juga..
    yang penting kita ga perlu nunjukin sikap anti yang berlebihan ^^

    @gino
    wahahaha.. emang ada dangdut klasik n modern ya XD gapapa ga suka, asal ga bersikap terlalu berlebihan ^^
    pemusik nyolot emang banyak 😆 tapi banyak dari mreka yg bisa bikin musik keren.. yg kaya gini nih dilema bener. hahaha

    @sopi
    makanya gw bawaannya suka pengen nyolot kalo berhadapan dgn si tipop, hahaha XD

  4. ya ampyuuun… berhubung yey suka sama banyak jenis musik… coba sekali2 dengerin eyke nyenyong tiap malem di TL, trus direkam dan dengarkan terus menerus. Dijamin dalam waktu 3hari yey akan brada di surga, alias metong bow…hohohohoho *ketawa katalog*

    bur2…. aku kan ngedapetin lagu2 lama jaman kita masih piyik2…

    mengingatkan akan kemesraan persaudaraan di antara kluarga besar ^^

    aku donlot lagu2nya aaron carter, trus tiap denger “crazy little party girl” langsung inget mercy nenek. The moffatts juga ada… yang lara, yea yea, sama don’t judge a book by it’s cover…

    borong tembang kenanganlah pokoke

  5. Aku juga suka Arashi tapi awalnya karena ada Matsumoto Jun nya aja tapi ternyata lagunya enak2. Dan baru2 ini dengerin lagu arashi yang judulnya kalu gak salah everywhere gue suka banget….apa lagi memang lirik2 lagu arashi tentang beratnya hidup tapi harus dijalanin sebaik-baiknya karena suatu saat pasti ada cahaya / jalan keluar…Dan lagu2 Arashi serta Yui bikin semangat…N Gak nyerah buat hadapin masa depan Ganbate…
    Jadi apa salahnya…Kalau yang gak tau makna lirik2 nya sih wajar…
    But selera orang memang beda2….
    Gue suka semua lagu yang liriknya dalem banget seperti Linkin Park, Simple Plan, Secondhand Serenade, Celine Dion dari metal mpe metal abis (melow total abis)..
    It’s Okay…Gue suka semua lagu yang liriknya kuat…

Leave a Reply

