now and days, months, years after today

backsound : Endah N Rhesa – A Thousand Candles Lighted

Assalamualaikum…


*benerin cadar*

saya baru tidur sejam kurang, lalu bangun dan membantu Ibu menyiapkan makanan sahur bagi keluarga. dan sampai sekarang saya memilih untuk nyalang, walang suhu badan mulai menghangat dan mata terasa berat, khas orang ngantuk. belum lagi serangan bersin-bersin yang tak henti-hentinya menghampiri, membuat saya kewalahan dan merasa tidak nyaman.


cuma mau sedikit cerita… alhamdulillah akhirnya gw diijinkan juga untuk lulus 4 taun stelah proses nyusun skripsi yg bisa dibilang termasuk jenis ‘banyak kemudahan tapi tetep nguras emosi (dan biaya).’

detilnya ga perlu dijelasin lah ya… yang jelas gw merasa bobot skripsinya itu jelas lebih dari 6 sks. yang lo dapet ga cuma pengetahuan akademis dari hasil penelitian aja, tapi juga pelajaran-pelajaran laen yang berhubungan dgn hidup selama ini.

masa penyusunan skripsi malah rada mirip ibadah naik haji.

Lebay? entahlah… tapi gw merasa karma does exist ketika gw ngerjain skripsi.

detilnya gimana? ya ga perlu dikasih tau juga… yang jelas perbuatan buruk mendatangkan keburukan… sementara keputusan untuk ga bersikap neko-neko dan banyak doa juga punya impact tersendiri. dua sisi karma gw alamin selama skripsi.

selesai skripsi dan segala printilan revisi plus bayarannya, kemaren pun akhirnya gw resmi jadi Sarjana Sosial. nyehehehehe… *ketawa antara seneng karena udah lulus & cemas karena resmi jadi pengangguran*

2 hari berturut-turut harus ngunjungin salon buat ngedempul muka plus nata rambut. gladi resik & wisuda sama-sama nyeksa banget. rasa gerah karena toga, rambut yang ketarik-tarik karena disanggul+disasak, muka jadi jerawatan karena make up (meskipun udah berkali-kali disabun & diapus pake susu pembersih), bikin gw sedikit berteriak ga terima dalem hati :

‘kenapa cuma cewe yg disuruh dandan & kebayaan??’

atau

‘kenapa pula cewe harus dandan?’

kata ‘busana resmi’ untuk dresscode di dalem undangan wisudawan selaluuuu aja diartiin pake kebaya, make up, tata rambut.

abis ini gw ga sudi buat sanggulan lagi. ngilangin bekas sasakannya itu lho, bikin gw sampe stengah mewek di kamar mandi. rambut harus diurai satu-satu… udah pelan-pelan tetep aja kejambak, perih nih kulit kepala. jadi boros shampoo & conditioner.

ngapus make up juga harus berulang kali. cuci muka sekali ternyata ga bikin foundation&bedaknya keangkat. skarang jadi agak jerawatan… gatel..

HAUHAUHAUHAUHUAHUAUHAUHAUHAU *keluh terus-terusan*

anyway,

I feel very grateful. gw punya naskah ucapan terima kasih sendiri di hati gw, untuk siapa aja ucapan itu gw tujukan…

namaste..

kamsahamnida..

arigatou..

thank you..

merci beacoup..

gracias..

dan akhirnya.. terima kasih.

========

yang sekarang jadi pikiran gw adalah soal karir. dari dulu gw adalah orang yg spontan (keterlaluan mungkin) untuk urusan nentuin arah pendidikan. dari kecil pun gw ga pernah netapin strategi tertentu atau nyari di mana titik kelemahan/kelebihan gw… setiap ditanya ‘mau sekolah di mana?’ dengan mantap gw menyebut 1 nama SMP, SMA, Kampus yang alhamdulillah selal berhasil gw masukin.

gw ga pernah nyiapin serep/cadangan… selalu hanya ada 1 nama.

(wow, bagus kayanya jadi judul lagu).

tapi diri gw yg kelewat pede&spontan itu skarang kayanya udah terkikis. gw terlalu banyak pikiran mau nentuin arah karir kemana. saking mikirnya, sampe skarang gw belom punya gambaran mau kemana.

cuma kursus setir mobil & belajar masak yg ada di pikiran gw.

kalo ditanya soal passion, gw suka bingung.

minat sih ada, tapi elemen ketangguhan dalam mencapai minat itu yang kayanya gw belom cukup punya.

gw pengen banget berada di jalur karir yang bener-bener gw cintai.

ada beberapa option yang muncul dalam pikiran gw :

1. gabung di Dria Manunggal, LSM difabel tempat gw skripsian.

selain karena orang-orangnya menyenangkan & humble, Dria bisa jadi tempat yang bagus untuk ngelatih pengalaman organisasi. gw juga bisa ktemu banyak jenis orang. I’ll learn A LOT from it.

2. ngelamar di republika untuk bagian riset.

alasannya? deket sama media. gw tertarik sama bidang ini, terutama media cetak. kenapa bagian riset? karena itu kuliah gueeeee~!

tapi gw ogah jadi wartawan.

ini lah salah satu contoh kurangnya ketangguhan untuk mencapai minat. ada step yang ga gw sukain untuk mencapai passion gw.

gw pengen jadi editor, tapi ternyata di mana-mana sebelum jadi editor ya harus jadi wartawan dulu. profesi pijakan ini yang ga gw suka.

yaudahlah, skip aja omongan tentang ketidaktangguhan gw.

3. usaha ternak tikus putih

seriously, gw juga pengen jadi wirausahawan. prospeknya sih keliatannya bagus. udah ada pasar tetapnya lah. bahkan gw udah ngomongin tentang usaha ini sama temen gw yang kebetulan juga minat. dia lagi latian melihara hamster skarang 😆

sayangnya agak susah nyari buku tentang ternak tikus putih. nyari di internet pun ga seberapa dalem.

4. daftar PNS

ini bener-bener jadi pilihan kesekian deh. di sini mungkin ketulisnya option ke 4, tapi kalo ternyata di tengah jalan gw nemuin jalur karir yang lebih oke, peringkat ‘PNS’ ini udah pasti melorot entah ke urutan berapa.

segitu dulu lah. kayanya udah waktunya gw bikin planning hidup. setelah 22 taun napas di dunia, baru kali ini gw bikin planning.

doakan semoga hidup gw baik-baik saja. abis diping-pong sama kejadian-kejadian tertentu dalem hidup, gw memutuskan untuk lebih menata lagi pikiran, kata-kata, dan sikap gw.

semoga semuanya menuju ke arah yang lebih baik & positif. eymen.

omongan gw cliche? moralis? dangkal? ga ngerti dunia yang sebenarnya?

bodo amat.

5 thoughts on “now and days, months, years after today

  1. tak usah terlalu banyak bikin planning dan mikir, lakukan saja yang ada di depan… planning kadang bisa muncul belakangan….
    btw, pernah ke Dria Manunggal tho? Memang benar, tempatnya asyik dan homey….
    Salam kenal ya 🙂

Leave a Reply

