“Apa kabar?”

Sebenarnya apa tujuan kalimat yang satu ini? Untuk membuka perbincangan dengan orang yang baru dikenal? Sapaan saat bertemu teman lama?

Apakah pertanyaan ini bisa dijawab dengan kalimat apa pun, termasuk “Kabar gw nggak baik.”?

Menurut sebagian orang mungkin bisa, tapi nggak untuk sebagian orang lainnya. Daripada harus mikir dulu cara menguraikan kondisi hidup dia saat menerima pertanyaan itu, mendingan menjawab dengan kalimat template: ‘baik, kok!’

Dan topik pembicaraan pun akan bergeser ke arah lain. Mungkin itu lebih baik, lebih menenangkan, daripada harus mengungkapkan yang sebenarnya. Lagipula, bisa aja si penanya nggak bener-bener ingin tahu kabar kita, melainkan cuma pengin mencari topik selintas lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s